Internet dan Perkembangannya di Indonesia


perkembangan-internetInternet merupakan kumpulan komputer antar satu wilayah dan wilayah lainnya yang terkait dan saling berkomunikasi. Internet telah mengubah wajah komunikasi dunia yang sejak lama didominasi oleh perangkat digital non-komputer menjadi komunikasi komputer yang global.

Dengan Internet, maka dimanapun kita berada dapat berhubungan satu sama lainnya dengan perangkat komputer tanpa dibatasi lagi oleh ruang dan waktu. Keberadaan Internet saat ini memberikan keuntungan secara langsung maupun tidak langsung.

Dengan adanya fasilitas Internet, data-data bisa disimpan, diambil, dan dikirimkan secara mudah keseluruh penjuru dunia dengan berbagai cara. Data dan informasi yang ada dapat dihubungkan dengan mudah dan cepat hanya dengan menggunakan ‘hyperlinks’ (penghubung virtual).

Siapapun tidak perlu lagi membuang waktu yang berharga hanya untuk mencari informasi yang up-to-date ataupun informasi lama. Semua informasi yang ada tersebut tersaji di Internet secara real time (website). Yang mereka butuhkan hanyalah koneksi Internet dari rumah (atau warnet) dan kemampuan untuk mengetik di atas keyboard atau mengoperasikan mouse.

Internet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer agar membentuk jaringan. Pada tahun 1970 sudah lebih dari 10 komputer berhasil dihubungkan satu sama lain, sehingga dengan jaringan yang ada bisa saling berkomunikasi.

Pengembangan terus dilakukan hingga pada tahun 1990, situs Internet mengawali sejarah di Indonesia, meski sebenarnya pada tahun 1988 Indonesia sudah memiliki protokol Internet sendiri yang di daftarkan oleh Universitas Indonesia dengan salah satu tokoh legendarisnya yaitu Onno W.Purbo seorang yang sangat berjasa di awal pembangunan Internet Indonesia hingga sekarang ini.

Mengutip pernyataan Bill Gates, Chairman of Microsoft Corp, “Internet akan menyapu kita seperti gelombang pasang yang akan menenggelamkan setiap orang yang dilewatinya yang tidak siap untuk hidup dalam sebuah masyarakat informasi”.

Mungkin interaktifitas tanpa batas yang ditawarkan oleh Internet kepada manusialah yang membuat Internet tersosialisasi secara quantum (dengan sangat cepat). Kinipun kita dapat saksikan hampir di seluruh pelosok negeri sudah bertebaran Warnet (Warung Internet), hotspot atau wifi. Semuanya dengan mudahnya dapat diakses oleh semua kalangan di manapun dan kapanpun.

Melihat perkembangan Internet yang sangat pesat di atas, JasaWeb.HasaComputer.Com sebagai penyedia layanan jasa pembuatan website menyampaikan ide dan gagasan kepada Anda untuk bersegera membuat website.

Iklan

Tentang Saatnya Goblog

La'alla nafi'an lana wa nafi'an lakum. :)
Pos ini dipublikasikan di Menuju GoBlog. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s